The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Keefektifan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan menulis narasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tanjung Lubuk Ogan Komering Ilir

Text

Keefektifan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan menulis narasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tanjung Lubuk Ogan Komering Ilir

Firmansyah - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Cooperattive Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam pembelajaran menulis karangan narasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tanjung Lubuk. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperimen research) dengan control group design pre-tes dan pos-tes. Sampel penelitian seluruhnya 65 orang siswa. Untuk menggolongkan siswa ke dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, peneliti menggunakan purposive sampling sehingga didapatlah rincian 32 orang siswa kelas VII.2 sebagai kelompok eksperimen dan 33 orang siswa kelas VII.1 sebagai kelompok kontrol. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes menulis karangan narasi. Teknik analisis data menggunakan program SPSS 20 (Statistical Product and Service Solution) Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai rata-rata tes awal pada kelompok eksperimen adalah 52,09 dan kelompok kontrol 51,91. Nilai rata-rata tes akhir pada kelompok eksperimen adalah 74,84 dan kelompok kontrol adalah 62,91. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tanjung Lubuk pada kelompok eksperimen sebesar 25,750 poin dan kelompok kontrol sebesar 11,000 poin. Hasil analisis data Uji-t membuktikan bahwa thit > ttab atau 8,229 > 1,998 dengan df = 63 pada tingkat signifikan 95% (α = 0,025). Oleh sebab itu, Ha yang berbunyi “Pembelajaran menggunakan metode CIRC lebih berpengaruh dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan metode konvensional dalam pembelajaran menulis narasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tanjung Lubuk” diterima. Dengan diterimanya Ha, maka dapat disimpulkan bahwa Terdapat hasil yang berbeda antara kelas eksperimen yang menerima perlakuan dengan metode CIRC dengan kelas kontrol yang menerima pengajaran metode konvensional.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
372.620 7 Fir k 2014
Publisher
Inderalaya : ., 2014
Collation
xiii, 57 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
372.620 7
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Kemampuan Menulis
menulis karangan Narasi
Metode CIRC
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search