Text
Keefektifan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan menulis narasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tanjung Lubuk Ogan Komering Ilir
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Cooperattive Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam pembelajaran menulis karangan narasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tanjung Lubuk. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperimen research) dengan control group design pre-tes dan pos-tes. Sampel penelitian seluruhnya 65 orang siswa. Untuk menggolongkan siswa ke dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, peneliti menggunakan purposive sampling sehingga didapatlah rincian 32 orang siswa kelas VII.2 sebagai kelompok eksperimen dan 33 orang siswa kelas VII.1 sebagai kelompok kontrol. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes menulis karangan narasi. Teknik analisis data menggunakan program SPSS 20 (Statistical Product and Service Solution) Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai rata-rata tes awal pada kelompok eksperimen adalah 52,09 dan kelompok kontrol 51,91. Nilai rata-rata tes akhir pada kelompok eksperimen adalah 74,84 dan kelompok kontrol adalah 62,91. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tanjung Lubuk pada kelompok eksperimen sebesar 25,750 poin dan kelompok kontrol sebesar 11,000 poin. Hasil analisis data Uji-t membuktikan bahwa thit > ttab atau 8,229 > 1,998 dengan df = 63 pada tingkat signifikan 95% (α = 0,025). Oleh sebab itu, Ha yang berbunyi “Pembelajaran menggunakan metode CIRC lebih berpengaruh dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan metode konvensional dalam pembelajaran menulis narasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tanjung Lubuk” diterima. Dengan diterimanya Ha, maka dapat disimpulkan bahwa Terdapat hasil yang berbeda antara kelas eksperimen yang menerima perlakuan dengan metode CIRC dengan kelas kontrol yang menerima pengajaran metode konvensional.
No copy data
No other version available