Skripsi
ANALISIS KEUNTUNGAN DAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK HASIL OLAHAN PELEPAH PISANG UKM KARYA SEJATI KOTA PALEMBANG
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis keuntungan yang diperoleh UKM Karya Sejati atas usaha tas pelepah pisang, menganalisis titik impas dari sisi penerimaan, menganalisis strategi yang telah dilakukan UKM Karya Sejati dalam memasarkan tas pelepah pisang dan mengetahui banyaknya limbah buangan dihasilkan dari industri kerajinan tas pelepah pisang serta tindakan yang dilakukan terhadap limbah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, dengan penarikan contoh secara kebetulan terhadap 30 orang pembeli. Data yang dikumpulkan merupakan data promer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui pengamatan, studi mendalam dan wawancara langsung dengan pihak UKM Karya Sejati, sedangkan data sekunder diperoleh dari literature dan instansi yang terkait dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha kerajinan tas pelepah pisang Karya Sejati menguntungkan tiap bulannya pada periode Maret 2007 sampai Februari 2008, dengan keuntungan rata-rata tiap bulan sebesar Rp59.727.631,53. Berdasarkan analisis titik impas menunjukkan bahwa UKM Karya Sejati mencapai keuntungan pada skala produksi untuk tas ukuran S (standar) adalah sebanyak 2 unit, tas ukuran S (abaca) adalah sebanyak 2 unit, tas ukuran M (standar) adalah sebanyak 2 unit, tas ukuran M (abaca) adalah sebanyak 1 unit, tas ukuran L (standar) adalah sebanyak 1 unit, tas ukuran L (abaca) adalah sebanyak 1 unit, tas ukuran XL (standar) adalah sebanyak 1 unit, tas ukuran XL (abaca) adalah sebanyak 1 unit. Adapun strategi pemasaran yang telah dilakukan oleh UKM Karya Sejati adalah dengan penganekaragaman jenis tas sesuai ukuran dan kualitasnya untuk strategi produk, harga yang bervariasi mulai Rp80.000,00 sampai Rp250.000,00 untuk strategi harga, memiliki saluran tingakat 1 pembeli mendatangi langsung tempat tinggal pengrajin dan membeli pada saat pameran berlangsung dan saluran tingkat 2 dilakukan melalui outlet Rizky Collection dan CV. Bambu Klasik di Lamongan, Jawa Timur. Strategi promosi dilakukan dengan memberikan potongan harga bagi pembeli yang membeli dalam jumlah banyak, mengikuti pameran-pameran, melalui media cetak dan media elektronik. Analisis terhadap pembeli di lapangan menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh UKM Karya Sejati termasuk dalam kategori ”sedang” dengan skor 8,6. Banyaknya limbah yang dihasilkan oleh UKM Karya Sejati adalah batang pisang rata-rata sebanyak 184 batang per bulan dan kaleng lem sebanyak 64 kaleng per bulan. Limbah berupa batang pisang dimanfaatkan sebagai zat humus bagi tanah. Sedangkan, kaleng lem hanya dibuang dan tidak dimanfaatkan.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
0807000929 | T93953 | T939532008 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available