The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of ANALISIS KEUNTUNGAN DAN STRATEGI PEMASARAN BUAH LOKAL DAN BUAH IMPOR DI PASAR TRADISIONAL DAN PASAR MODERN DI KOTA PALEMBANG

Skripsi

ANALISIS KEUNTUNGAN DAN STRATEGI PEMASARAN BUAH LOKAL DAN BUAH IMPOR DI PASAR TRADISIONAL DAN PASAR MODERN DI KOTA PALEMBANG

Hidayatullah, Tedi - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengidentifikasi jenis buah local atau impor yang paling banyak diminati konsumen di Kota Palembang, (2) mendeskripsikan strategi pemasaran yang digunakan oleh pedagang pasar tradisional dan pasar modem di Kota Palembang dalam memasarkan bebuahan lokal dan impor tersebut, (3) menghitung keuntungan yang diterima pedagang yang ada di pasar tradisional dan pasar modem di kota Palembang. Penelitian ini dilaksanakan di pasar Cinde dan pasar Hypermart Palembang Indah Mali pada bulan Juni 2011. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Metode ini dilakukan dengan cara wawancara dan observasi langsung ke lapangan dengan mewawancarai 13 pedagang bebuahan yang ada di pasar Cinde, sedangkan di pasar Hypermart dengan mewawancarai langsung pihak manajer di bagian penjualan bebuahan di PT. Hypermart Palembang Indah Mali (PIM) kota Palembang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa buah lokal yang paling banyak dibeli di Pasar Cinde ke pedagang besar adalah jeruk brastagi sebanyak 8.200 kg dan terjual ke konsumen sebanyak 8.200 kg. Sedangkan buah lokal yang paling sedikit dibeli oleh para pedagang di pasar Cinde adalah pisang udang sebanyak 280 kg. Buah impor yang paling banyak dibeli oleh para pedagang di Pasar Cinde adalah jeruk lokam sebanyak 2.900 kg. Seperti halnya jeruk brastagi, jeruk lokam juga paling sering dibeli oleh para pedagang di pasar cinde ke pedagang besar dan terjual ke konsumen sebanyak 2.500 kg. Di pasar modem Hypermart menunjukkan bahwa buah lokal yang paling banyak dibeli ke suppliemya yaitu jeruk pontianak sebesar 1.650 kg dan buah lokal yang paling sedikit dipesan yaitu pisang ambon hanya sebesar 150 kg. Sedangkan dari buah impor yang paling banyak dipesan bagian penjualan buah PT. Hypermart Palembang adalah jeruk ponkam Taiwan sebanyak 815 kg dan terjual sebanyak 815 kg dan buah impor yang paling sedikit dibeli dari supplier adalah apel fuji sun moon hanya sebesar 400 kg dan terjual 400 kg. Strategi pemasaran yang digunakan di pasar hypermart adalah strategi produk, dan strategi promosi produk, yaitu memperkenalkan buah yang akan dijual kepada masyarakat, dengan cara pemasangan spanduk dan pembagian kertas promosi yang menunjukkan diskon maupun potongan - potongan harga dengan penggunaan kartu kredit dan pelanggan akan mendapatkan potongan harga ataupun diskon sebesar 10%. Strategi pemasaran yang digunakan oleh pedagang-pedagang buah yang ada di pasar Cinde berdasarkan wawancara langsung adalah strategi harga, dengan cara menjual buah dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan di pasar modem. Rata-rata keuntungan yang didapat untuk penjualan buah di pasar cinde adalah Rpl.607.544 di bulan Juni. Dan penjualan buah PT. Hypermart keuntungan rata-rata Rp21.731.680 di bulan Juni.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
1207000555T91616T916162011Central Library (REFERENCES)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T916162011
Publisher
Inderalaya : Prodi Agribisnis, Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya., 2011
Collation
xi, 55 hlm.; ill.; tab.; 28 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
658.807
Content Type
Text
Media Type
unmediated
Carrier Type
unspecified
Edition
-
Subject(s)
Prodi Agribisnis
Strategi pemasaran buah impor
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
Furika
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • ANALISIS KEUNTUNGAN DAN STRATEGI PEMASARAN BUAH LOKAL DAN BUAH IMPOR DI PASAR TRADISIONAL DAN PASAR MODERN DI KOTA PALEMBANG
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search