Skripsi
PERSEPSI PETANI DAN PEMBELI TERHADAP KONSEP BAURAN PEMASARAN KEGIATAN PASAR TANI SRIWIJAYA DI KOTA PALEMBANG
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan wujud kegiatan Pasar Tani Sriwijaya, mengukur persepsi petani dan pembeli terhadap konsep bauran pemasaran kegiatan Pasar Tani Sriwijaya, dan menganalisis kesamaan persepsi petani dan pembeli terhadap konsep bauran pemasaran kegiatan Pasar Tani Sriwijaya di Kota Palembang. Penelitian dilaksanakan pada kegiatan Pasar Tani Sriwijaya di Kota Palembang. Penentuan lokasi dilakukan secara sengaja dengan pertimbangan terdapat kegiatan Pasar Tani di Kota Palembang yang berasal dari program Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian (P2HP) oleh Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Selatan. Pelaksanaan pengumpulan data di lapangan dilaksanakan pada bulan Februari 2013 sampai dengan bulan April 2013. Metode penarikan contoh petani yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sensus, semua populasi petani anggota Pasar Tani Sriwijaya di Kota Palembang diambil dengan jumlah populasi 25 orang. Metode penarikan contoh pembeli di Pasar Tani Sriwijaya di Kota Palembang digunakan metode insidental yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti, diambil sebanyak 25 orang. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder. Data primer akan diperoleh melalui langsung dengan petani dan pembeli sampel yang dibantu dengan daftar pertanyaan wawancara (kuisioner) yang telah disiapkan sebelumnya. Sedangkan data sekunder diperoleh dari bahan acuan yang menunjang, literatur, hasil penelitian dan instansi yang terkait. penelitian mendeskripsikan bahwa Pasar Tani Sriwijaya di Kota Palembang merupakan suatu kegiatan yang merupakan ide dari petani yang kemudian direalisasikan oleh pihak Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura yang Hasil ditujukan bagi petani. Kegiatan Pasar Tani Sriwijaya berlokasi di dua tempat yaitu halaman Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Selatan dan Simpang Balai Latihan Keija (BLK). Pengukuran persepsi didapatnya jumlah bobot persepsi untuk petani dan pembeli sebesar 70,92 , artinya persepsi petani dan pembeli sangat setuju terhadap bauran pemasaran atau marketing mix kegiatan Pasar Tani Sriwijaya di Kota Palembang. Berdasarkan hasil analisis Mann Whitney terhadap kesamaan persepsi petani dan pembeli terhadap konsep bauran pemasaran atau marketing mix yaitu produk (produet), harga (price), lokasi (place), dan promosi (promotion) di Pasar Tani Sriwijaya di Kota Palembang, maka diperoleh nilai Z untuk produk -0,139 >-1,96, harga -0,534 > -1,96, lokasi -1,717 > -1,96, dan promosi -1,028 > -1,96, maka terima Ho artinya persepsi petani dan pembeli sama terhadap konsep bauran pemasaran atau marketing mix Pasar Tani Sriwijaya di Kota Palembang.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1307002367 | T90459 | T904592013 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available