Text
Penerapan strategi pembelajaran aktif tipe index card match (ICH) terhadap hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan kelas XI IPA SMA N 14 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan setelah diterapkan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match (ICM) di kelas XI IPA SMA Negeri 14 Palembang. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 14 Palembang tahun ajaran 2013/2014. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh kelas XI IPA 3 sebagai kelas sampel. Metode yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan bentuk desain one-group pretest-postest design. Data yang diambil berupa hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah uji t, hasil penelitian ini menunjukan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas percobaan pada materi KD 2.1 Untuk tes awal sebesar 50,76 dan untuk tes akhir nya 81,46. Hasil belajar menunjukan adanya peningkatan hasil belajar rata-rata 31,22 sehingga diperoleh indeks gain sebesar 0,64 dengan kategori sedang. Hasil uji-t menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 14 Palembang. Nilai penelitian terhadap aktivitas siswa pada kelas XI IPA 3 selama penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Macth yaitu dalam kategori tinggi.
No copy data
No other version available