Text
Penerapan model pembelajaran Novick pada pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 47 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Novick pada pembelajaran Matematika di kelas VIII SMP Negeri 47 Palembang dan kemampuan komunikasi Matematis siswa pada pembelajaran Matematika di kelas VIII SMP Negeri 4 Palembang menggunakan model pembelajaran Novick. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.6 di SMP Negeri 47 Palembang yang terdiri dari 35 siswa. Untuk melihat penerapan model pembelajaran Novick dilakukan observasi kegiatan guru dan kegiatan siswa yang sesuai dengan model pembelajaran Novick dan untuk melihat kemampuan komunikasi Matematis siswa dilakukan observasi kemampuan komunikasi Matematis lisan dan tes evaluasi kemampuan komunikasi Matematis tertulis. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa fase pertama dan fase kedua penerapan model pembelajaran Novick terlaksana seutuhnya namun fase ketiga tidak terlaksana seutuhnya. Akan tetapi, berdasarkan hasil observasi, penerapan ini dikategorikan baik dengan rata-rata persentase kegiatan guru dan siswa sebesar 76,3%. Selain itu, kemampuan komunikasi Matematis siswa dikategorikan baik dengan rata-rata nilai kemampuan komunikasi Matematis siswa sebesar 71,65.
No copy data
No other version available