Skripsi
PENERAPAN PENDEKATAN SAINS, TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT (STM) DALAM PEMBELAJARAN KIMIA PADA POKOK BAHASAN MINYAK BUMI DI KELAS 1 SMU NEGERI 1 INDRALAYA
Penelitian ini bertujuan untuk meneetahui oerbedaan hasil belaiar siswa daiam pembelajaran kimia yang menggunakan pendekatan STM dengan pembelajaran yang menggunakan pendekatan konvensional pada pokok bahasan minyak bumi di kelas 1 SMU N 1 Indralaya. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperimen). Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan observasi., kemudian data dianalisis dengan analisis kovarian (anakova) dengan menggunakan SPSS for Windows release 12.0. Dari hasil analisis data hasil observasi dapat disimpulkan bahwa keaktifan siswa tinggi dalam pembelajaran kimia dengan pendekatan STM dengan skor rata - rata kelas untuk dua kali pertemuan adalah 0,66. Dari postes didapat bahwa hasil belajar siswa adalah baik dengan nilai rata - rata kelas adalah 78,41 untuk kelas eksperimen dan 70,5 untuk kelas konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan STM dalam pembelajaran kimia memberikan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan pendekatan konvensional. Hal ini ditunjukkan dari nilai Fhitung = 10,635 > Ftabci = 3,9634. Sehubungan dengan hal itu, perlu ada usaha kepada guru kimia agar dapat menggunakan pendekatan STM didalam menyampaikan materi pelajaran, sehingga siswa dalam menerima pelajaran akan lebih cepat mengerti dan memahami materi pelajaran. Kata - kata kunci: Pendekatan STM, pendekatan konvensional, hasil belajar
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
0507000493 | T90530 | T905302005 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available