Text
Pengaruh Kegiatan Practical Life Terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak Kelompok A Di Tk Negeri Pembina 2 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan practical life terhadap keterampilan motorik halus anak. Metode yang digunakan adalah Pre-Eksperimental dengan desain One Shoot Case Study. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dengan pertimbangan perkembangan keterampilan motorik halus anak yang masih rendah di kelas A1 yang berjumlah 20 orang anak. Posttest dilaksanakan sebanyak 4 kali dengan alat instrument berupa lembar observasi yang terdiri dari 3 indikator. Nilai setiap posttest dijumlahkan dibagi 3 sehingga didapat nilai rata-rata sebesar 79,6. Hasil perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung = 5,10 ≥ ttabel = 1,73 dengan taraf signifikan 5% dan dk (19), sehingga disimpulkan terdapat pengaruh kegiatan practical life terhadap keterampilan motorik halus anak kelompok A di TK Negeri Pembina 2 Palembang. Hal ini dapat dilihat pada kondisi awal nilai rata-rata sebesar 63 dengan kategori berkembang sesuai harapan yang terdapat di kelas batas bawah interval. Adapun indikator yang paling dominan muncul yaitu menggerakkan jari-jemari dan pergelangan tangan sebanyak 18 anak (90%). Sedangkan indikator yang tidak dominan muncul yaitu mengatur gerakan dari jemari tangan hingga ke bahu. Diharapkan pada pembelajaran selanjutnya lebih banyak dilatih indikator mengatur gerakan jari-jemari tangan hingga ke bahu sesuai dengan kegiatan practical life.
Kata kunci: Practical Life, Keterampilan Motorik Halus, Anak Usia Dini
No copy data
No other version available