Skripsi
PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN BANTUAN HIDUP DASAR PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS
Korban henti jantung dapat terjadi di luar rumah sakit dan memerlukan pertolongan segera berupa tindakan bantuan hidup dasar (BHD) dengan melakukan resusitasi jantung paru. Pemberian BHD dapat dilakukan orang awam diantaranya siswa SMA. Namun, kurangnya pengetahuan tentang BHD menjadi salah satu penyebab tidak dilakukan pertolongan. Pendidikan kesehatan dengan media audiovisual dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan pengetahuan siswa SMA. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan melalui media audiovisual terhadap tingkat pengetahuan BHD pada siswa SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain pre-experimental dengan pendekatan one group pretest-posttest design. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 60 siswa SMA. Hasil uji marginal homogeneity menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara sebelum dan setelah diberikan pendidikan kesehatan melalui media audiovisual terhadap tingkat pengetahuan BHD pada siswa SMA dengan p value 0.000 (p
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207001564 | T70412 | T704122022 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available