Text
Penerapan model pembelajaran kooperatif Make A Match untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Kimia siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 21 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Tipe Make A Match di kelas XI IPA 2 SMA Negeri 21 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dilakukan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket, observasi dan tes akhir siklus. Lembar angket digunakan untuk mengetahui motivasi belajar siswa, lembar observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran dan tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Rata-rata motivasi belajar siswa sebelum dilakukan tindakan yaitu 54,18%, pada siklus I sebesar 62,95%, siklus II 67,99%, dan siklus III 73,53%. Rata-rata nilai hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan (T0) yaitu 68,51 dengan ketuntasan klasikal sebesar 35,14%, rata-rata tes siklus I (T1) adalah 68,86 dengan ketuntasan klasikal sebesar 47,22%, nilai rata-rata pada siklus II (T2) adalah 71,89 dengan ketuntasan kalsikal sebesar 67,57% dan nilai rata-rata pada siklus III (T3) adalah 83,43 dengan ketuntasan klasikal sebesar 85,71%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar kimia siswa.
No copy data
No other version available