Text
Psikologi Kepribadian (Lanjutan): STUDI ATAS TEORI DAN TOKOH PSIKOLOGI KEPRIBADIAN
Kajian psikologi kepribadian kali ini lebih difokuskan pada teori-teori dan pemikiran para tokoh psikologi kepribadian, mulai teori kepribadian psikoanalisis, behaviorisme, humanisme, dan eksistensial. Kajian-kajian tersebut didahului dengan pemahaman tentang kepribadian manusia, faktor-faktor yang mempengaruhi kepribadian, dan landasan teori psikologi dalam pendidikan. Dalam dunia kependidikan, pengenalan terhadap potensi manusia sebagai individu sangat pnting. Pengenalan tersebut diawali dari pemahaman terhadap keutuhan kepribadiannya.Cara menggali potensi tersebut diawali dengan mengenali dan memahami potensi tersebut secara tepat dan benar. Inilah kajian dari psikologi kepribadian secara formal. Kepribadian menggambarkan semua corak perilaku dan kebiasaan individu yang terhimpun dalam dirinya dan digunakan untuk bereaksi serta menyesuaikan diri terhadap segala rangsangan, baik dari luar maupun dari dalam.Corak perilaku dan kebiasaan ini merupakan kesatuan fungsional yang khas pada seseorang.Perkembangan kepribadian tersebut bersifat dinamis, artinya selama individu masih bertambah pengetahuannya dan mau belajar serta menambah pengalaman dan keterampilan, kepribadiannya akan semakin matang dan mantap.Tahap perkembangan manusia dibagi menjadi tahap kepolosan (terjadi saat usia bayi), tahap pemberontakan (terjadi saat anak-anak dan remaja), tahap awam (terjadi saat memasuki usia dewasa awal), dan tahapan kreatif (manusia telah mencapai keseriusan dan bertanggung jawab serta memiliki aktualisasi dir). Latar belakang kajian psikologi dalam Islam dilakukan pertama kali dengan menelusuri ayat-ayat Al-Quran dan Hadits yang memotivasi manusia untuk mengkaji dirinya sendiri. Pada masa keemasan Islam, psikologi ditekuni dan dikembangkan oleh dua kalangan, yaitu filsuf dan sufi, yang melahirkan psikologi-falsafi dan psiko-sufistik. Mereka telah melahirkan konsep tentang jiwa secara menyeluruh dengan melakukan kajian terhadap nash-nash naqliyah dan melakukannya dengan metode empiris (perenungan, observasi, dan praktik) secara sistematis, spekulatif, uiversal, dan radikal).
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2201041426 | B25954A | 155.2 Ham p 2013 | Faculty of Medicines (Ruang Baca Fakultas Kedokteran Madang) | Available |
2401061978 | B44731A | 155.2 Ham p 2013 | Faculty of Education and Educational Science (Ruang Baca FKIP) | Available |
No other version available