Text
Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model debat pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di kelas IV SD Negeri 128 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui model pembelajaran koopratif, salah satunya adalah model pembelajara koopratif tipe debat di kelas IVa Sekolah Dasar Negeri 128 Palembang yang berjumlahkan 35 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, pada setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Keberhasilan penelitian ini diamati berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar yang diperoleh dari hasil evaluasi. Jika siklus pertama menunjukan hasil belajar klasikal sebesar 85% dari KKM 65, maka siklus selanjutnya tidak perlu dilaksanakan karena indikator keberhasilan telah tercapai. Berdasarkan hasil tes evaluasi pada siklus I diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu 76,5 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 80% dengan persentase keaktifan belajar siswa yaitu 60,79% (aktif). Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu 82,5 dan persentase ketuntasan belajarnya sebesar 88,5% dengan pesentase keaktifan belajar siswa yaitu 70,34% (aktif). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran koopratif tipe debat hasil belajar pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 128 Palembang dapat ditingkatkan.
No copy data
No other version available