The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model debat pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di kelas IV SD Negeri 128 Palembang

Text

Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model debat pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di kelas IV SD Negeri 128 Palembang

Yulius Jhonson - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui model pembelajaran koopratif, salah satunya adalah model pembelajara koopratif tipe debat di kelas IVa Sekolah Dasar Negeri 128 Palembang yang berjumlahkan 35 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, pada setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Keberhasilan penelitian ini diamati berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar yang diperoleh dari hasil evaluasi. Jika siklus pertama menunjukan hasil belajar klasikal sebesar 85% dari KKM 65, maka siklus selanjutnya tidak perlu dilaksanakan karena indikator keberhasilan telah tercapai. Berdasarkan hasil tes evaluasi pada siklus I diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu 76,5 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 80% dengan persentase keaktifan belajar siswa yaitu 60,79% (aktif). Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu 82,5 dan persentase ketuntasan belajarnya sebesar 88,5% dengan pesentase keaktifan belajar siswa yaitu 70,34% (aktif). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran koopratif tipe debat hasil belajar pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 128 Palembang dapat ditingkatkan.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
371.2607 Yul p 2014
Publisher
Inderalaya : ., 2014
Collation
xiii, 134 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
371.2607
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Hasil Belajar - IPS
Model Koopratif Tipe Debat.
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search