Text
ANALISIS UPAYA PEMENUHAN CAPAIAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL PADA PELAYANAN PENDERITA HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DEMPO KOTA PALEMBANG
Standar Pelayanan Minimal merupakan ketentuan tentang jenis, mutu pelayanan yang berhak diperoleh setiap warga negara secara minimal. Berdasarkan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah Kota Palembang capaian target Standar Pelayanan Minimal di Kota Palembang belum maksimal. Capaian pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal di Puskesmas Dempo mengalami angka fluaktif. Oleh karena itu tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis upaya pemenuhan capaian standar pelayanan minimal pelayanan hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Dempo Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teori pendekatan sistem meliputi input, proses, output. Data diambil menggunakan wawancara mendalam, lembar observasi dan telaah dokumen, analisis data menggunakan analisis isi, informan berjumlah 11 informan. Hasil penelitian menunjukan bahwa bagian Sumber daya manusia, dana, sarana prasarana sudah mencukupi, sudah terdapat SOP, pada bagian pelaksanaan pendataan penderita hipertensi dilakukan ada kasus baru dengan penjaringan PIS-PK, Posbindu, Prolanis sebagai pelayanan utama, sudah dilakukan edukasi KIE, melakukan rujukan ke FKRTL, pelaporan dilakukan setiap bulan ke Dinas Kesehatan Kota Palembang. Cakupan capaian Standar Pelayanan Minimal pelayanan hipertensi belum mencapai target dengan capaian tahun 2021 yaitu 80,2 % dari target 100%. Kesimpulan analisis pelayanan hipertensi di Puskesmas Dempo secara keseluruhan sudah sesuai Permenkes No 4 Tahun 2019, namun capaian belum mencapai target disebabkan oleh ketidaksesuaian data antara pelaporan dari Dinas Kesehatan dan Puskesmas, masih rendah pengetahuan masyarakat mengenai hipertensi, rendahnya minat masyarakat untuk memeriksakan diri untuk berobat ke Puskesmas sehingga untuk mendapatkan kasus baru sangat sulit. Saran yang dapat peneliti berikan sesuai dengan hasil penelitian yaitu Puskesmas agar dapat meningkatkan monitoring evaluasi untuk melihat ketercapaian SPM pada pendataan penderita hipertensi.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207000959 | T69001 | T690012022 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available