Text
Efektivitas praktikum menggunakan alat praktikum sederhana dalam proses pembelajaran fisika pada materi fluida statis kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanjung Batu
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keefektifan praktikum menggunakan alat praktikum sederhana dalam proses pembelajaran fisika fluida statis. Penelitian dilaksanakan dengan delapan kali pertemuan dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Tanjung Batu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan rancangan penelitian One-Group Pretest-Posttest design. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Tes digunakan untuk melihat hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran sedangkan observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Dari hasil penelitian dan pembahasan terjadi peningkatan nilai pre-test dengan rata-rata 33,5 menjadi 80,6 pada nilai post-test siswa. Dari analisis hasil penelitian kemampuan proses sains diketahui bahwa ratarata persentase aktivitas siswa yaitu 68,5% dan siswa menguasai indikator keterampilan proses sains pada kemampuan memprediksi sebesar 88% dikategorikan benar, dan kurang benar pada kemampuan menginterpretasikan data dan mengkomunikasikan data serta dari hasil observasi aktivitas pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung, minat siswa sudah muncul untuk belajar dan menunjukkan bahwa sebagian besar siswa aktif selama proses pembelajaran sehingga praktikum menggunakan alat praktikum sederhana efektif dalam pembelajaran fisika
No copy data
No other version available