Text
Pengaruh model pembelajaran aktif tipe studi kasus kreasi peserta didik terhadap hasil belajar ekonomi di SMA Negeri 1 Prabumulih
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan pengaruh model pembelajaran aktif tipe studi kasus kreasi peserta didik dengan model pembelajaran aktif tipe debat pendapat terhadap hasil belajar ekonomi di SMA Negeri 1 Prabumulih. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran aktif tipe studi kasus kreasi peserta didik dengan model pembelajaran aktif tipe debat pendapat terhadap hasil belajar ekonomi di SMAN Negeri I Prabumulih. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Prabumulih tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 239 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling yang diperoleh kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.3 sebagai kelas kontrol. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian quasi eksperimental design bentuk nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan observasi. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis dengan uji normalitas, homogenitas, dan uji-t untuk mengetahui apakah hipotesis yang diajukan diterima atau tidak. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai = 11,238 dan = 1,994, berarti > . Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya, bahwa ada perbedaan pengaruh model pembelajaran aktif tipe studi kasus kreasi peserta didik dengan model pembelajaran aktif tipe debat pendapat terhadap hasil belajar ekonomi di SMA Negeri 1 Prabumulih. Oleh karena itu, disarankan bagi guru untuk menggunakan model pembelajaran aktif tipe studi kasus kreasi peserta didik dalam proses pembelajaran sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran, membimbing peserta didik pada saat mengembangkan dan menganalisis kasus untuk tidak mengandalkan jawaban dari ketua kelompoknya saja, membatasi kelompok yang mempresentasikan hasil studi kasus agar setiap kelompok dapat memberikan tanggapan, mengarahkan kelompok yang tidak memperhatikan penyajian hasil diskusi untuk memperhatikan apa yang disampaikan temannya.
No copy data
No other version available