Text
HUBUNGAN SOSIODEMOGRAFI DAN SIKAP IBU TERHADAP PARTISIPASI DALAM KELAS IBU BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SAKO KOTA PALEMBANG
Ibu balita memiliki peranan yang sangat penting dalam merawat balita. Kelas ibu balita yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan ibu dalam merawat balita. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor- faktor yang mempengaruhi ibu dalam berpartisipasi di program kelas ibu balita di wilayah kerja Puskesmas Sako Kota Palembang. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan desain Cross Sectional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 121 responden, teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik Purposive Sampling dengan kriteria inklusi ibu balita yang tinggal di wilayah kerja Puskesmas Sako, memiliki anak usia 0-59 bulan dan bersedia menjadi responden, sedangkan kriteria eksklusi yaitu ibu hamil dengan anak lahir mati dan ibu balita yang tidak dapat ditemui di tempat. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dari Puskesmas Sako Kota Palembang dan data primer yang diperoleh dari wawancara dan observasi langsung peneliti di wilayah kerja Puskesmas Sako. Analisis bivariat menggunakan uji chi-square dan analisis multivariat menggunakan regresi logistik berganda model prediksi. Hasil analisis bivariat, didapatkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara faktor sosiodemografi paritas ibu (p-value=0,015 ; PR=1,485; CI:1,100-2,005), pekerjaan (p-value=0,009 ; PR=1,516; CI:1,131-2,033), dan sikap (p-value=0,000; PR= 2,306; CI:1,759-3,022) dengan partisipasi dalam kelas ibu balita. Hasil dari analisis multivariat didapatkan bahwa sikap menjadi faktor dominan yang berpengaruh dengan partisipasi ibu dalam kelas ibu balita. Membuat inovasi- inovasi promosi kesehatan yang menarik seperti alternatif pelaksanaan kelas ibu balita yang dapat dilaksanakan melalui grup chat WA ataupun zoom meeting terjadwal dan mengaktifkan kembali tugas kader di kalangan masyarakat.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207003976 | T78878 | T788782022 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available