Text
Pengaruh model pembelajaran pengalaman terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 19 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran pengalaman dengan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 19 Palembang. Hipotesis yang diajukan yaitu ada perbedaan pengaruh model pembelajaran pengalaman dengan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 19 Palembang. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental desain bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Negeri 19 Palembang tahun pelajaran 2012/2013 terdiri dari 10 kelas dengan jumlah 342 siswa, penentuan sampel menggunakan teknik cluster sampling, sehingga didapat kelas X7 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran pengalaman dan kelas X3 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan rumus Uji-t. Berdasarkan hasil analisis data tes hasil belajar didapat t hitung = 6,32 sedangkan t interpolasi= 1,99 dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima yaitu ada perbedaan pengaruh model pembelajaran pengalaman dengan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 19 Palembang. Perbedaan dapat dilihat dari nilai kelas eksperimen rerata pretest 41, rerata posttest 87 dan rerata beda 45, nilai kelas kontrol rerata pretest 37, posttest 70 dan beda 33. Sehingga penulis menyarankan pada guru agar dapat menggunakan model pembelajaran pengalaman sebagai variasi model dalam pembelajaran.
No copy data
No other version available