The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh model pembelajaran pengalaman terhadap  hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi  di SMA Negeri 19 Palembang

Text

Pengaruh model pembelajaran pengalaman terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 19 Palembang

Nova Pratiwi - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran pengalaman dengan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 19 Palembang. Hipotesis yang diajukan yaitu ada perbedaan pengaruh model pembelajaran pengalaman dengan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 19 Palembang. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental desain bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Negeri 19 Palembang tahun pelajaran 2012/2013 terdiri dari 10 kelas dengan jumlah 342 siswa, penentuan sampel menggunakan teknik cluster sampling, sehingga didapat kelas X7 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran pengalaman dan kelas X3 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan rumus Uji-t. Berdasarkan hasil analisis data tes hasil belajar didapat t hitung = 6,32 sedangkan t interpolasi= 1,99 dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima yaitu ada perbedaan pengaruh model pembelajaran pengalaman dengan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 19 Palembang. Perbedaan dapat dilihat dari nilai kelas eksperimen rerata pretest 41, rerata posttest 87 dan rerata beda 45, nilai kelas kontrol rerata pretest 37, posttest 70 dan beda 33. Sehingga penulis menyarankan pada guru agar dapat menggunakan model pembelajaran pengalaman sebagai variasi model dalam pembelajaran.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
371.302 810 7 Nov p 2013
Publisher
Inderalaya : ., 2013
Collation
xi, 72 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
371.3028107
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Hasil belajar
Model Pembelajaran
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search