Text
EVALUASI TINGKAT KEMATANGAN SI-KITO MENGGUNAKAN FRAMEWORK (ITIL) V3 DOMAIN SERVICE OPERATION (STUDI KASUS: LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH II PALEMBANG).
Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah II Palembang adalah instansi pemerintah di lingkungan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang bertugas untuk melaksanakan pengawasan, pengendalian dan pembinaan terhadap Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di wilayah-wilayah tertentu. Dalam pengelolaan proses kenaikan jabatan fungsional, LLDIKTI wilayah II telah menerapkan sistem informasi berbasis website, yaitu SI-KITO (Sistem Informasi Kepangkatan Jabatan Fungsional Online). Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan pihak instansi terkait, SI-KITO memiliki permasalahan yakni belum pernah dilakukannya evaluasi terhadap sistem dan belum mengetahui berada di level berapa tingkat kematangannya. Mengingat pentingnya sistem tersebut agar kegiatan operasional berjalan dengan baik dan lancar, maka perlu dilakukannya evaluasi untuk mengukur tingkat kematangan dari layanan sistem tersebut agar dapat dijadikan tolak ukur untuk keberlangsungan sistem. Untuk mengevaluasi tingkat kematangan SI-KITO, penulis menggunakan kerangka kerja Information Technology Infrastructure Library (ITIL) versi 3 dengan domain Service Operation. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner, observasi dan wawancara untuk memperoleh nilai tingkat kematangan. Hasil perhitungan tingkat kematangan (as is) pada SI-KITO adalah sebesar 3,25 atau berada pada level 3 (Defined) sedangkan tingkat kematangan yang diharapkan (to be) adalah sebesar 5,00 atau berada pada level 5 (Optimized) dengan nilai kesenjangan sebesar 1,77. Dari hasil evaluasi yang telah dilakukan terhadap SI-KITO, diperoleh 17 rekomendasi yang diharapkan dapat membantu pihak LLDIKTI Wilayah II Palembang sebagai bahan pertimbangan untuk mengatasi nilai kesenjangan yang ada guna meningkatkan operasional layanan SI-KITO. Kata Kunci: Audit Sistem Informasi, ITIL versi 3, Maturity Level
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207000183 | T62693 | T626932022 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available