Text
Pengembangan program perkuliahan anatomi tumbuhan berbasis framing pada sistem jaringan tumbuhan untuk mamfasilitasi spatial working memory calon guru biologi
Penelitian menggunakan metode research and delopment dilakukan untuk mengembangkan suatu Program Perkuliahan Anatomi Tumbuhan berbasis Framing (PPATF) yang dapat memfasilitasi Spatial Working Memory (SWM) calon guru biologi.Pengembangan awal PPATF didasarkan pada hasil studi pendahuluan yang dilakukan di salah satu Universitas Negeri Sumatera Selatan.Sejumlah mahasiswa pendidikan biologi (n=86) dilibatkan dalam penelitian ini.Data dikumpulkan dengan menggunakan beberapa instrumen yaitu tes spatial thingking,tes penguasaan konsep anatomi tumbuhan,tes berpikir logis (TOLT),pedoman observasi dan angket.Instrumen yang dikembangkan dengan lima tahap pembelajaran yaitu : tahap penyajian informasi,identifikasi dan eksplorasi konsep, konstruksi, representasi, internalisasi, dan konsolidasi konsep, serta evaluasi. Pengembangan strategi PPATF dilakukan melalui uji coba keterlaksanaan dan keberfungsian PPATF dalam memfasilitasi SWM.Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil implementasi menunjukkan bahwa PPATF memfasilitasi spatial working memory mahasiswa.Pembelajaran PPATF meningkatkan spatial thinking dengan N-gain tergolong sedang,yaitu 0,54 dan 0,58 untuk kelas A dan B.Penguasaan konsep memiliki rata-rata N-Gain 0,60 dan 0,57 untuk kelas A dan B,sementara kemampuan berpikir logis memiliki N-gain yang tergolong rendah.Persentase spatial thinking tertinggi terdapat pada kemampuan menghasilkan representasi yaitu (73,95 dan 73,19) masing-masing untuk kelas A dan B.presentase terendah untuk kelas A dan B adalah melakukan transformasi representasi (64,46 dan 67,70) Persentase penalaran logis tertinggi terdapat pada penalaran proposional (64,29 dan 65,91) untuk kelas A dan B.Perubahan kemampuan intelektual mahasiswa tertinggi dari dari operasi transisi ke formal (100%) untuk kelas A dan B,sementara dari konkret ke transisi hanya (69,6%) untuk kelas A dan (60%) untuk kelas B.Hasil ini menunjukkan bahwa PPATF yang di kembangkan lebih sesuai untuk mahasiswa pada tahap operasi transisi.Analisis hubungan antar komponen (spatial thinking,penguasaan konsep,dan penalaran logis),menunjukkan hubungan kolerasi positif yang signifikan.
Kata Kunci: Pembelajaran berbasis framing, Jaringan tumbuhan, Spatial working memory, Spatial thinking, PPATF
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
D00014 | 571.307 Erm p | Central Library | Available |
No other version available