Text
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jenis Jigsaw Dalam Pembelajaran Ips Di Kelas V Sd N 02 Indralaya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlibatan siswa dalam berdiskusi kelompok kecil, terjalinnya interaksi antara siswa dengan siswa serta hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif jenis Jigsaw dalam pembelajaran IPS di kelas V SD N 02 Indralaya. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 di SD N 02 Indralaya dengan jumlah siswa 9 orang perempuan dan 5 orang laki-laki jadi total siswa ada 14 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang mendeskripsikan suatu gelaja atau peristiwa melalui data yang telah ada. Objek penelitian adalah guru, siswa kelas V dan mata pelajaran IPS. Hasil penelitian ini terdapat tiga temuan penting yaitu keterlibatan siswa dalam berdiskusi kelompok, siswa sangat berperan aktif, dan siswa memberi respon positif terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif jenis Jigsaw. Model pembelajaran kooperatif jenis Jigsaw sudah diterapkan dengan baik hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa kelas V SD N 02 Indralaya.
Kata-kata kunci : Model pembelajaran kooperatif jenis Jigsaw,guru, dan siswa kelas V,
No copy data
No other version available