Skripsi
PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF UNTUK MATERI SAINS ANAK USIA (5-6) TAHUN DI OGAN KOMERING ULU
Penelitian pengembangan ini bertujuan mengembangkan serta menghasilkan produk video interaktif untuk materi sains anak usia (5-6) tahun di Ogan Komering Ulu yang teruji valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analyze, design, develop, implement, evaluate), dan evaluasi formatif tessmer dnegan tahapan self evaluation, expert review, one to one evaluation, dan small group. Teknik analisis data yang digunakan yaitu walktrough dan observasi. Hasil penelitian menunjukan persentase berdasarkan validitas materi sebesar 85,71% dan persentase berdasarkan validitas media sebesar 95%, diperoleh rata-rata validitas produk secara keseluruhan dengan persentase sebesar 90% dengan kategori sangat valid yang artinya dinyatakan bahwa video interaktif untuk materi sains dikatakan valid yang telah ditinjau dari segi indikator dan butir penilaian materi dan media. Hasil dari one to one evaluation dengan melibatkan tiga orang anak mendapatkan hasil persentase sebesar 89% dan tahap small group evaluation melibatkan Sembilan orang anak menghasilkan persentase sebesar 93%, dari kedua tahap tersebut diperoleh rata-rata sebesar 91% dengan kategori praktis. Video Interaktif untuk materi sains ini di desain menggunakan animasi yang menarik, pemilihan warna yang cerah, penggunaan music dan soundeffect yang tepat sehingga dapat menarik perhatian anak, dan terdapat pertanyaan-pertanyaan yang melibatkan anak sesuai dengan indikator perkembangan kognitif khususnya sains anak usia (5-6) tahun.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207001949 | T73082 | T730822022 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available