Skripsi
PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI ERA PANDEMI COVID-19
Telah dilakukan penelitian pengaruh video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada era pandemic covid-19 di SMAN 10 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh dari penggunaan video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi usaha dan energi di era pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design dan teknik pengambilan sampel cluster sampling, dimana kelas X IPA 6 sebagai kelas Eksperimen dan X IPA 7 sebagai kelas kontrol. Sebelum diberikan perlakuan, siswa diberikan tes awal terlebih dahulu. Kemudian, pada proses pembelajaran siswa diberikan perlakuan yaitu dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dibantu dengan media video pembelajaran untuk kelas eksperimen dan menggunakan metode konvensional untuk kelas kontrol .Untuk melihat hasil belajar siswa, peneliti memberikan tes akhir sebanyak 20 soal berupa pilihan ganda. Berdasarkan data hasil penelitian, diperoleh hasil uji hipotesis dengan menggunakan Uji-t dimana taraf signifikan (α) = 0,05 ,diperoleh t tabel = 1,99547 dan t hitung = 2,53. Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa t hitung > t tabel. Sehingga, H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh video pembelajaran pada materi usaha dan energi terhadap hasil belajar siswa kelas X di era pandemi covid-19.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207001936 | T72871 | T728712022 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available