Skripsi
PERSEPSI SISWA SMAN TUGUMULYO TERHADAP KEBUTUHAN BIMBINGAN BELAJAR DI DESA G1 MATARAM KABUPATEN MUSI RAWAS
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa SMAN Tugumulyo terhadap kebutuhan bimbingan belajar di desa G1 Mataram. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui kuesioner dan observasi. Hasil dari penelitian tentang persepsi siswa SMAN Tugumulyo terhadap kebutuhan bimbingan belajar termasuk dalam kategori yang cukup baik dengan persentase 78,4%. Dibuktikan dengan kegiatan bimbingan belajar di desa G1 Mataram yang masih diminati siswa sehingga kegiatan tersebut masih berjalan dengan baik sampai saat ini. Hal ini juga dilihat dari beberapa indikator, yaitu persentase minat siswa untuk mengikuti bimbingan belajar sebesar 77,9% dan termasuk dalam kategori cukup baik. Persentase kepentingan siswa untuk mengikuti bimbingan belajar sebesar 83,3% dan termasuk dalam kategori baik. Siswa mempersepsikan bahwa pentingnya bimbingan belajar akan mempengaruhi akademik dan nonakademik di sekolah. Persentase kebiasaan belajar siswa mempengaruhi terhadap bimbingan belajar sebesar 80,3% dan termasuk dalam kategori baik. Hal ini karena dari pembelajaran yang sudah siswa dapatkan dari sekolah, siswa berpersepsi bahwa bimbingan belajar masih dibutuhkan. Selanjutnya, persentase konstansi siswa dalam melihat bimbingan belajar memiliki persentase terrendah sebesar 68,9% dan termasuk kategori cukup baik. Siswa mendapat ulasan, reputasi dan informasi yang baik dan mendapat ulasan kekurangan terhadap bimbingan belajar. Kekurangan bimbingan belajar dalam indikator konstansi dapat diupayakan dengan memberikan sosialisasi oleh pelaku pelaksana kegiatan bimbingan belajar kepada siswa SMAN Tugumulyo di desa G1 Mataram. Kata kunci: Persepsi, Siswa SMA, Bimbingan belajar
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207003049 | T76304 | T763042022 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available