Skripsi
PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING SISWA KELAS III SDN 37 PRABUMULIH PADA TEMA 7 SUBTEMA 2 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI SANDANG
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peningkatan hasil tes keterampilan membaca nyaring dan keaktifan peserta didik kelas III SD Negeri 37 Prabumulih pada Tema 7 Subtema 2 Perkembangan Teknologi Produksi Sandang dengan menggunakan metode demonstrasi. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dibutuhkan dua siklus untuk mencapai indikator keberhasilan dalam penelitian ini. Tahapan yang dilakukan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes unjuk kerja dan observasi. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian ini diperoleh hasil bahwa pada penilaian awal presentase ketuntasan klasikal diperoleh nilai sebesar 38%. Lalu pada siklus I hasil ketuntasan klasikal mendapat hasil sebesar 46%. Kemudian pada siklus II diperoleh hasil presentase klasikal sebesar 81%. Hasil dari data observasi selama proses pembelajaran di peroleh hasil presentase keaktifan peserta didik selama penelitian diperoleh hasil pada penilaian awal sebesar 65%, lalu pada siklus I sebesar 69%, kemudian pada siklus ke-II memperoleh hasil sebesar 80%. Dari data tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan membaca nyaring dan keaktifan peserta didik kelas III SD Negeri 37 Prabumulih pada tema 7 subtema 2 perkembangan teknologi produksi sandang dengan menggunakan metode demonstrasi. Kata-kata kunci :Metode demonstrasi, Keterampilan Membaca Nyaring, Keaktifan.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207002549 | T74576 | T745762022 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available