Text
PERANCANGAN PROTOTYPE UI/UX APLIKASI E-LIBRARY MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING (Studi Kasus: Dinas Perpustakaan Kabupaten Lahat)
Minat literasi baca masyarakat Indonesia menurut UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) pada tahun 2020 memiliki persentase literasi 0,001% yang memiliki arti bahwa dari 1.000 orang hanya ada 1 orang yang gemar membaca. Gerakan membaca secara digital, khususnya dengan adanya perpustakaan digital dinilai menarik minat baca masyarakat. Dinas Perpustakaan Kabupaten Lahat berkeinginan diadakannya kembali perpustakaan digital yang mana sebelumnya telah terhenti pengadaannya. Dengan memperhatikan aspek kegunaan dan pengalaman pengguna, maka dilakukan perancangan prototype perpustakaan digital dengan tujuan pada pengembangan aplikasi tersebut akan didapatkan hasil user experience dengan tingkat keberhasilan dan tingkat kepuasan yang baik. Metode yang digunakan ialah Design Thinking yang bertujuan untuk membuat desain solusi yang dapat digunakan dan berguna dengan berfokus pada kebutuhan pengguna. Hasil dari analisis usability testing dari prototype perpustakaan digital yang telah dibuat menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) mendapatkan kategori “excellent” pada keenam aspek yaitu attractiveness, perspicuity, efficiency, dependability, stimulation dan novelty.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207003652 | T78866 | T788662022 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available