ttabel with a level of α = 0.05. The calculation result was obtained 5.83 and the ttabel obtained 1.667. Based on the results of data analysis, a > ftabel or 5.83 > 1,667 was obtained. Thus the hypothesis (Ho) is rejected and (Ha) is accepted. Keywords: HOTS (Higher Order Thinking Skills) Learning, Critical thinking. ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas Xi Di SMA Negeri 1 Unggulan Indralaya Utara”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk melihat adakah pengaruh pelaksanaan pendekatan pembelajaran berbasis HOTS (Higher Order Thingking Skills) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran sejarah indonesia. Sedangkan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran berbasis HOTS “Higher Order Thinking Skills” terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran sejarah di kelas XI SMA Negeri 1 Unggulan Indralaya Utara. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 11 Mei sampai 8 Juni 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain riset eksperimental yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 (kelas eksperimen) dan kelas XI IPA 2 (kelas kontrol) dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Teknik uji prasyarat analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t dengan taraf signifikan thitung > ttabel dengan taraf α =0,05. Hasil thitung diperoleh 5,83 dan ttabel diperoleh 1,667. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh fhitung > ftabel atau 5,83 > 1,667. Dengan demikian hipotesis (Ho) ditolak dan (Ha) diterima. Kata kunci: Pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skills), Berpikir kritis." />