Skripsi
TINGKAT KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA UPT SMA NEGERI 1 OGAN ILIR SELAMA BELAJAR DARI RUMAH
Kemandirian belajar merupakan aspek yang sangat penting dalam proses belajar siswa selama pemberlakuan sistem Belajar Dari Rumah (BDR) pada saat pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian belajar siswa UPT SMA Negeri 1 Ogan Ilir selama belajar dari rumah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data menggunakan Skala Kemandirian Belajar, terdiri atas 28 pertanyaan. Responden dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik random sederhana, terdiri atas siswa kelas XI sebanyak 148 responden dari 70 siswa laki-laki dan 78 siswi perempuan. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar kemandirian belajar siswa berada pada kategori sedang yaitu sebesar 37,84%, dengan rincian 6,76% sangat tinggi, 22,30% tinggi, 26,35% rendah, 6,76% sangat rendah. Hasil tersebut menunjukkan bahwa siswa sudah cukup mandiri dalam hal belajar dari rumah. Dari kelima aspek kemandirian belajar, ditemukan aspek bertanggung jawab memperoleh nilai rata-rata tertinggi yaitu 23,36 sementara yang terendah terdapat pada aspek menyesuaikan diri yaitu 13,02. Hasil analisis lebih lanjut menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan kemandirian belajar dari rumah antara siswa laki-laki dan perempuan.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207001818 | T71230 | T712302022 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available