Skripsi
BENTUK-BENTUK KESALAHAN KOHESI DAN KOHERENSI PADA TEKS EKSPOSISI DALAM BUKU TEKS BAHASA INDONESIA SMA KELAS X
ABSTRAK Suatu teks mengandung gagasanyang disampaikan kepada pembaca, agar gagasan dalam teks tersebut dapat tersampaikan dengan baik kepada pembaca. maka dari itu diperlukan kesatuan gagasan dari antar paragrapnya, maka hubungan kohesi dan koherensi yang baik pada suatu teks begitu diperlukan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) bagaimana bentuk-bentuk kesalahan kohesi yang digunakan dalam teks eksposisi dalam buku teks bahasa Indonesia SMA kelas X, 2) bagaimana bentuk-bentuk kesalahankoherensi yang digunakan dalam teks eksposisi pada buku teks Bahasa Indonesia SMA kelas X. Dan 3) bagaimana perbaikkan kesalahan kohesi dan koherensi yang digunakan dalam teks eksposisi pada buku teks Bahasa Indonesia SMA kelas X. Penelitian ini penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dari penggalan teks eksposisi, sedangkan sumber data terdapat pada buku teks Bahasa Indonesia. Hasil yang ditemukan dari penelitian kohesi dan koherensi teks eksposisi dalam bukuteks Bahasa Indonesia yang digunakan siswa SMA kelas X sebagai berikut: kohesi gramatikal yaitu pengacuan, penyulihan, pelesapan, konjungsi Sedangkan kohesi leksikal yang digunakan adalah pengulangan sinonim, kolokasi, dan antonim. Dan koherensi yaitu penambahan/adiktif, pertentangan/kontraks,penekanan/penegasan, hasil/simpulan, tempat/lokasi. Berdasrkan hasil penelitian. Peneliti sedikit menyarankan bagi penulis buku teks Bahasa Indonesia dalam memilih teks yang digunakan hendaknya memperhatikan lagi aspek kebahasaan terutama penggunaan kohesi dan koherensi yang ada dalam setiap teks. Maka penelitian selanjutnya hendaklah dapat mengungkapkan permasalahan dalam bidang wacana agar teks eksposisi berikutnya akan menjadi lebih baik lagi. Kata Kunci: kohesi, koherensi, teks eksposisi, dan buku teks Bahasa Indonesia ABSTRACT A text contains ideas that are conveyed to the reader, so that the ideas in the text can be conveyed properly to the reader. Therefore, unity of ideas is needed from between paragraphs, so a good cohesion and coherence relationship in a text is needed. The formulation of the problem in this study is 1) how are the forms of cohesion errors used in the exposition text in high school Indonesian textbooks for class X, 2) how are the forms of coherence errors used in exposition texts in Indonesian high school textbooks for class X. And 3) how to correct the errors of cohesion and coherence used in exposition texts in Indonesian high school textbooks for class X. This research is a qualitative descriptive study. The data used is from exposition text fragments, while the data sources are in Indonesian language textbooks. The results found from the research on cohesion and coherence of expository texts in Indonesian language textbooks used by high school students in class X are as follows: grammatical cohesion, namely reference, substitution, omission, and conjunction. While the lexical cohesion used is the repetition of synonyms, collocations, and antonyms. And coherence, namely addition/addictive, contradiction/contract, emphasis/affirmation, result/conclusion, place/location. Based on research results. The researcher suggests that Indonesian textbook writers in choosing the text used should pay more attention to linguistic aspects, especially the use of cohesion and coherence in each text. So further research should be able to reveal problems in the field of discourse so that the next exposition text will be even better. Keywords: cohesion, coherence, exposition text, and Indonesian textbook
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207004055 | T76094 | T760942022 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available