Text
KLASTERISASI DATA LAYANAN KEMAHASISWAAN UNSRI MENGGUNAKAN METODE KMEANS
Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan kemahasiswaan di perguruan tinggi merupakan salah satu faktor dari kualitas pembelajaran perguruan tinggi. Untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan pembelajaran di perguruan tinggi, pihak CDC Universitas Sriwijaya melakukan survey terhadap para alumni untuk mendapatkan data kepuasan layanan di kampus yang meliputi 10 Bidang. Para alumni mengisi survey berdasarkan harapan yang mereka inginkan dan kenyataan mereka dapatkan. Diperlukan analisa tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan pembelajaran, dan tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana kinerja Universitas Sriwijaya. Metode K-Means adalah teknik pengelompokkan data berdasarkan tingkat kemiripan dari tiap anggotanya. K-Means dapat digunakan untuk mengelompokkan indeks kepuasan mahasiswa terhadap layanan pembelajaran. Berdasarkan hasil keseluruhan proses penelitian yang dilakukan, mendapatkan hasil harapan mahasiswa Unsri terhadap 10 bidang layanan dikategori sangat puas (bernilai 6/6), sedangkan kenyataan kinerja yang mahasiswa dapatkan dikategori puas (bernilai5/6). Dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa kenyataan mahasiswa lebih rendah dari harapan mahasiswa.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207003097 | T76965 | T769652022 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available