Skripsi
MISKONSEPSI SISWA SMA KELAS XI PADA MATERI USAHA DAN ENERGI
Miskonsepsi merupakan hal yang sering terjadi selama proses pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui siswa yang mengalami miskonsepsi agar guru dapat menemukan cara untuk membentuk pemahaman yang benar kepada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui miskonsepsi yang dialami siswa kelas sebelas mengenai materi usaha dan energi. Penelitian ini menggunakan tes diagnostik four multiple choice yang diujikan kepada 34 orang siswa kelas sebelas MIA 1 SMAN 10 Palembang. Data yang didapat dalam penelitian ini, dianalisis secara desrptif. Secara keseluruhan presentase siswa kelas 11 MIA 1 yang mengalami miskonsepsi rata-rata sebesar 32,09%. Hal ni dapat diartikan bahwa presentase siswa yang memiliki miskonepsi tergolong sedang. Adapun miskonsepsi yang dialami oleh siswa secara garis besar antara lain, benda memiliki usaha positif jika didorong ke depan dan sebaliknya, usaha yang dilakukan oleh gaya konservatif dipengaruhi oleh kesulitan dan kondisi lintasan yang dilalui, semakin panjang jalur yang dilewati maka semakin besar energi yang dihasilkan, pada energi kinetik arah gaya tidak tegak lurus terhadap perpindahan, ketika benda jatuh pada ketinggian tertentu, energi mekanik berkurang, energi potensial bertambah dan energi kinetik berkurang, serta kelajuan benda yang meluncur dipengaruhi oleh bentuk lintasan.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207002994 | T77014 | T770142022 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available