Skripsi
PENERAPAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PESERTA DIDIK PADA TEMA 6 SUBTEMA 2 KELAS IV SD NEGERI 4 PALEMBANG
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan pengaruh media gambar seri terhadap keterampilan menulis karangan narasi peserta didik pada tema 6 subtema 2 kelas IV SD Negeri 4 Palembang. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV.C SD Negeri 4 Palembang. Penerapan media gambar seri dilaksanakan dalam satu subtema (6 pembelajaran). Sebelum memulai pembelajaran dengan menggunakan media gambar seri, peserta didik diminta mengerjakan soal pretest, kemudian diakhiri pembelajaran setelah penerapan media gambar seri peserta didik diminta mengerjakan soal posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media gambar seri berdasarkan hasil data angket dengan responden peserta didik, berada pada kategori tinggi dengan persentase 90%, hal tersebut menunjukkan bahwa media gambar seri efektif dalam membantu peserta didik menulis karangan narasi. Selain itu,berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan rumus uji t menunjukkan thitung=13,93 > ttabel = 2,101, sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh media gambar seri terhadap keterampilan menulis karangan narasi peserta didik pada tema 6 subtema 2 kelas IV SD Negeri 4 Palembang
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207000852 | T68180 | T681802022 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available