Skripsi
ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS II PADA MATERI BILANGAN CACAH DI SDN 11 RANTAU PANJANG
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa kelas II pada materi bilangan cacah di SD Negeri 11 Rantau Panjang. Penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif, dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu lembar soal dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan pada materi bilangan cacah sebesar 10,53 % yang berada pada kategori rendah, 10,53 % pada kategori sedang, 57,89 % pada kategori tinggi dan 21,05 % pada kategori sangat tinggi. Maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 100 % siswa mengalami kesulitan belajar pada materi bilangan cacah. Sedangkan berdasarkan hasil wawancara kesulitan belajar siswa kelas II pada materi bilangan cacah di SD Negeri 11 Rantau panjang yaitu siswa kesulitan dalam membaca, kesulitan dalam menghitung, kesulitan dalam memahami dan mengenal simbol, perhatiannya tertuju pada cara bersusun kebawah, tidak bisa cara bersusun panjang, perhatiannya tertuju pada penjumlahan dan tidak bisa menggunakan teknik menyimpan. kesulitan belajar sesuai dengan teori kesulitan belajar matematika Lerner di SDN 11 Rantau Panjang ada lima temuan yakni (1) gangguan hubungan keruangan, (2) asosiasi visual-motor, (3) perserevasi, (4) kesulitan memahami dan mengenal simbol, dan (5) kesulitan bahasa dan membaca.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207000877 | T68210 | T682102022 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available