Skripsi
PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PENGUKURAN KELAS X IPA SMA NEGERI 3 PALEMBANG
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, hal ini ditandai dengan nilai hasil belajar siswa yang masih belum mencapai KKM, selain itu juga cara guru yang masih mengajar dengan memakai strategi pembelajaran konvensional. Penelitian ini ditujukan pada penerapan pembelajaran inkuiri dalam materi pengukuran dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar sebelum dan setelah diterapkan pembelajaran Inkuiri. Metode yang digunakan ini adalah Pre-eksperimen dengan subyek siswa SMA Negeri 3 Palembang Kelas X IPA-1 semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 25 orang. Instrumen yang digunakan berupa Lembar Soal Pretest-Posttest dan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Data yang dikumpulkan melalui hasil pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pretest peserta didik memiliki kategori rendah sebesar 36%, kategori sedang sebesar 52%, kategori tinggi dan sangat tinggi tidak ada dimana nilai rata–rata pretest sebesar 51.84, standar deviasi sebesar 13.03 dan variansnya sebesar 169.760. Sedangkan hasil belajar posttest siswa yang memiliki kategori tinggi sebesar 20% dan kategori sangat tinggi sebesar 80% dimana nilai rata–rata posttest sebesar 89,28, standar deviasi sebesar 6.50 dan variansnya sebesar 42.273. Dengan demikian hasil belajar siswa setelah penerapan pembelajaran inkuiri mengalami peningkatan dengan kategori yang sangat tinggi sehingga pembelajaran inkuiri yang diterapkan dapat mencapai nilai ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Kata Kunci: Pembelajaran inkuiri, Penerapan, Hasil belajar
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207000846 | T67839 | T678392022 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available