Skripsi
ANALISIS PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI UPT SMA NEGERI 12 BANYUASIN III
Pandemi covid-19 membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan mengenai proses belajar dari rumah atau pembelajaran daring, tentu saja hal ini memberikan tantangan tersendiri bagi setiap lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru dan peserta didik mengenai pembelajaran daring Fisika dan hubungan antara pembelajaran daring Fisika terhadap hasil besar. Metode yang digunakan adalah metode campuran embedded. Berdasarkan hasil penelitian, persepsi guru mengenai pembelajaran daring mendapatkan respon netral, sebagai langkah untuk mengurangi penyebaran virus covid-19 meskipun dalam pelaksanaannya masih kurang maksimal dikarenakan kendala berupa signal dan kuota serta menurunnya minat belajar siswa pada saat pembelajaran daring khususnya pada mata pelajaran Fisika. Sedangkan peserta didik dalam pelaksanaannya mengalami kesulitan dalam memahami materi, kendala signal menjadi faktor utama penghambat proses pembelajaran serta 96,8% responden memilih lebih tertarik belajar dikelas karena dapat berinteraksi langsung dengan guru. Terdapat hubungan antara pembelajaran daring Fisika terhadap hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari nilai sig. 0,035 < 0,05, besarnya korelasi antar keduanya dapat dilihat dari nilai koefisien korelasi sebesar 0,268 dengan tingkat hubungan dalam kategori lemah, pembelajaran daring Fisika memberikan pengaruh sebesar 7,2% terhadap hasil belajar peserta didik.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207000820 | T67901 | T679012022 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available