Skripsi
UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERMAIN SEPAKBOLA MELALUI PEMBELAJARAN MENGGIRING BOLA BOLAK BALIK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 18 PALEMBANG
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan gerakan pembelajaran Sepakbola passing pada siswa kelas V SD Negeri 18 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berlangsung tiga siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 18 Palembang berjumlah 30 siswa. Penelitian berlangsung dari bulan Maret sampai bulan Mei 2010 di SD Negeri 18 Palembang. Tehnik pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi kelas, wawancara, catatan lapangan dan tes hasil belajar permainan sepakbola (passing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode modifikasi jarak dapat meningkatkan hasil dan kemampuan gerakan tes awal 5 siswa dari 30 siswa yang baik 5%, 15 siswa sedang atau 37.5%, 20 siswa kurang atau 50%. Ketuntasan :20 siswa atau 50%, tidak tuntas 20 siswa atau 50%, siklus I terdapat 5 siswa dari 30 siswa yang Baik 23.3%, 10 siswa sedang 33.3%, 13 siswa kurang 43.3%. Ketuntasan siswa bermain sepakbola 17 siswa tuntas atau 56.7%, 13 siswa tidak tuntas 43.3% , siklus II 20 dari 30 siswa baik atau 66.7%, 8 siswa sedang atau 26.7%, 2 siswa kurang 10%. Ketuntasan siswa melakukan passing : 28 siswa tuntas atau 93.3%, 2 siswa tidak tuntas atau 6.7%. Sehingga dapat meningkatkan hasil belajar sepakbola (passing ) pada siswa kelas V SD Negeri 18 Palembang, melaui metode latihan menggiring bola bolak balik. Kata Kunci : Sepakbola, Metode Modifikasi, Tindakan Kelas (Action Research), passing
No copy data
No other version available