Skripsi
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SYSTEM APPROACH PADA TOPIK SIKLUS AIR DI DMP
Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan LKPD berbasis system approach pada topik siklus air di SMP yang valid dan praktis menggunakan metode Developmental Research tipe II oleh Richey & Klein (2005) dengan dua tahapan yaitu fase eksplorasi dan uji coba kepada peserta didik. Fase uji coba dilakukan melalui metode lesson study yang diobservasi oleh lima orang observer dengan tujuan untuk mengetahui aktivitas peserta didik selama pembelajaran berlangsung. Hasil LKPD divalidasi oleh lima orang validator untuk menguji kevalidan LKPD dengan menggunakan skala likert. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang diperoleh berupa persentasi uji kevalidan dengan rata-rata 84,22% artinya LKPD sudah dalam kategori sangat valid dengan kenaikan sebanyak 4,11% dari hasil validasi I, dan kepraktisan LKPD yang menunjukkan rata-rata 84,51% artinya sudah menujukkan bahwa LKPD juga sangat praktis untuk digunakan peserta didik dalam pembelajaran IPA materi siklus air dengan kenaikan sebanyak 3,57% dari hasil praktikalitas siklus I. LKPD juga diuji praktikalitasnya oleh pendidik dan mendapatkan hasil yaitu 78% dengan kategori praktis. Sehingga dihasilkan LKPD yang mempunyai nilai kevalidan dan kepraktisan yang layak digunakan dalam proses pembelajaran siklus air. Kata kunci: LKPD; System Approach; Siklus Air
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207000899 | T68571 | T685712022 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available