Skripsi
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SECARA DARING DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNSRI.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran secara daring di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsri. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa kuisioner yang diberikan pada mahasiswa dan dosen Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsri dengan sampel sebanyak 140 orang mahasiswa dan 16 orang dosen . Indikator yang dilihat terdiri atas dukungan dan proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa platform yang banyak digunakan oleh mahasiswa dan dosen selain e-learning Unsri selama pembelajaran daring yaitu google classroom, platform pendukung perkuliahan selama pembelajaran daring yang digunakan oleh mahasiswa dan dosen yaitu platform zoom cloud meeting dan whatsapp. Selanjutnya keefektifan indikator dukungan pada mahasiswa dan dosen dikategorikan sangat efektif dan cukup efektif. Kemudian keefektifan indikator proses pembelajaran mahasiswa dan dosen dikategorikan sangat efektif. Dan hasil belajar berupa indeks prestasi semester (IPS) dengan predikat pujian. Dapat disimpulkan bahwa keefektifan pembelajaran secara daring dari aspek dukungan, sarana dan prasarana, stake holder, dan proses pembelajaran di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsri dikategorikan efektif. Kata Kunci : Efektivitas, Pembelajaran daring, Pendidikan Biologi
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207000836 | T68001 | T680012022 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available