Skripsi
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF PADA PROGRAM PAKET C DI SKB KOTA PALEMBANG
Pada suatu proses belajar mengajar, media pembelajaran adalah salah satu unsur yang amat krusial, karena dapat diterapkan materi yang akan disampaikan kepada siswa, baik berupa alat, maupun materi ajar. Salah satu media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat dan ketertarikan peserta didik yaitu dengan menggunakan media Powerpoint yang dikemas secara interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media Powerpoint interaktif dengan penerapan yang valid pada program paket C di SKB Kota Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan enam tahapan yang terdiri dari pengumpulan data awal, pengembangan produk, validasi ahli, revisi produk, uji coba produk, analisis data. Subjek penelitian berjumlah satu orang tutor dan sepuluh orang warga belajar, dan melalui tiga tahap validasi oleh tiga orang ahli, yaitu ahli bahasa, ahli materi, dan ahli media. Metode pengumpulan menggunakan metode angket dan wawancara. Hasil analisis data penelitian menunjukan bahwa hasil dari tahap uji coba satu persatu (one to one) diperoleh skor 102 dengan persentase 85% yang berarti layak untuk diterapkan, dan hasil dari uji coba kelompok kecil (small group) diperoleh skor 371 dengan persentase 84,31%. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Powerpoint interaktif ini layak untuk diterapkan pada pembelajaran pada SPNF SKB Kota Palembang khususnya pada program pendidikan kesetaraan.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207003038 | T75985 | T759852022 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available