The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh lama paparan problem based learning terhadapkemampuan berpikirkritis mahasiswa pendidikan dokter Universitas Sriwijaya angkatan 2011—2014

Text

Pengaruh lama paparan problem based learning terhadapkemampuan berpikirkritis mahasiswa pendidikan dokter Universitas Sriwijaya angkatan 2011—2014

Febri Wijaya - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Tujuan berpikir yaitu untuk memecahkan masalah dengan efektif danrnefisien. Kemampuan berpikir kritis sangat penting, terutama bagi mahasiswa fakultasrnkedokteran yang akan berprofesi menjadi dokter. Mereka harus memiliki kemampuanrnberpikir kritis untuk menganalisis informasi pasien agar dapat mendiagnosis denganrntepat. Kemampuan ini harus dilatih sejak mereka berada dalam proses pendidikan.rnPenelitian ini perlu dilakukan karena evaluasi manfaat metode Problem Based Leraningrn(PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis di FK Unsri sangat minim. Penelitian inirnakan membahas perbedaan kemampuan berpikir kritis tiap angkatan pendidikan dokterrn(2011-2014) yang memiliki perbedaan lama paparan PBL.rnMetode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain crossrnsectional. Populasi penelitian adalah semua mahasiswa FK Unsri Pendidikan Dokterrnangkatan 2011-2014 yang berjumlah 981 orang. Responden dipilih secara stratifiedrnproportional systematic random sampling dengan sampel minimal 88 responden.rnVariabel penelitian meliputi kemampuan berpikir kritis, lama paparan PBL, kapasitasrnintelektual, tingkat kecemasan, gaya berpikir, motivasi, jenis kelamin, dan usia. Datarndiambil dengan menggunakan kuesioner. Data dianalisis dengan uji Kruskal Wallis.rnHasil Penelitian: Hasil uji Kruskal Wallis (p = 0,006) yang berarti “paling tidakrnterdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara 2 kelompok”.rnKesimpulan: Perbedaan nilai berpikir kritis hanya terjadi pada kelompok dengan selisihrnlama paparan PBL ≥ 24 bulan (2 tahun).


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
Feb p 2015
Publisher
Inderalaya : Fak. Kedokteran., 2015
Collation
ix, 43 hlm.:ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
lama paparan problem based learning, berpikir krit
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search