Skripsi
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KINEMASTER TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MAN 2 PALEMBANG
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh media pembelajaran Kinemaster terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di MAN 2 Palembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain Pre-Experimental Design dalam bentuk One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X IPS MAN 2 Palembang dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPS 3 yang berjumlah 34 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan sampel menggunakan teknik Claster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan observasi. Teknik analisis data hasil belajar peserta didik diperoleh dari Pretest dan Posttest, dan analisis data observasi diperoleh dari hasil observasi pada saat menerapkan media pembelajaran Kinemaster. Hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu uji t menggunakan Paired Samples T-test diperoleh thitung < ttabel yaitu -46,365 < 1,668 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran Kinemaster terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di MAN 2 Palembang. Disarankan dalam menerapkan media pembelajaran Kinemaster, pendidik mengembangkan fitur-fitur yang ada didalam Kinemaster. Dan dalam proses pembelajaran, peserta didik harus fokus memperhatikan media pembelajaran Kinemaster.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207004754 | T82779 | T827792022 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available