Skripsi
PEMBELAJARAN SUBTEMA INDAHNYA KERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU BERBASIS MASALAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 11 INDRALAYA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pembelajaran subtema indahnya keragaman budaya negeriku berbasis masalah terhadap motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik, serta adakah hubungan yang signifikan antara hasil belajar dan motivasi belajar sebagai dampak pembelajaran berbasis masalah. Sampel pada penelitian ini adalah 17 orang peserta didik kelas IV A SD Negeri 11 Indralaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian pre-eksperimental, dan desain penelitian one-group pretest-posttest. Data hasil belajar diperoleh dengan tes pilihan ganda, dan data motivasi belajar diperoleh dengan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari uji hipotesis data pra tes dan pasca tes belajar dengan t-test diperoleh thitung = 8,40. Dengan taraf kesalahan 5% diketahui bahwa thitung > ttabel (8,40 > 2,13). Dari analisis data kuesioner motivasi belajar diperoleh persentase dominan sebesar 17,65% dengan kategori sedang. Dan dari perhitungan korelasi hasil belajar dan motivasi belajar diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,313 dengan kategori sangat rendah. Setelah di uji signifikansi dengan thitung = 1,5. Dengan taraf kesalahan 5% diketahui bahwa thitung < ttabel (1,5 < 2,13). Maka pembelajaran subtema indahnya keragaman budaya negeriku berbasis masalah tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 11 Indralaya, namun tidak ada hubungan yang signifikan antara hasil belajar dan motivasi belajar meski terdapat korelasi dengan kategori sangat rendah. Kata-kata kunci: Pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar, motivasi belajar.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207002637 | T76063 | T760632022 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available