Skripsi
ANALISIS PERAN GURU PPKn DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK DALAM MENYAMPAIKAN PENDAPAT MELALUI PEMBELAJARAN LURING DI SMA NEGERI 6 BENGKULU SELATAN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PPKn dalam meningkatkan karakter percaya diri peserta didik dalam menyampaikan pendapat melalui pembelajaran luring pada kelas X7 XI MIPA 3 di SMA Negeri 6 Bengkulu Selatan. Menggunakan metode kualitatif deskriftip. Situasi sosial penelitian SMA Negeri 6 Bengkulu Selatan (tempat), guru PPkn dan peserta didik kelas X7 dan XI MIPA 3 (pelaku) dan kegiatan pembelajaran di SMA Negeri 6 Bengkulu Selatan (aktivitas) yang diteliti. Informan penelitian yaitu dua orang guru PPKn, pemilihan dalam proses penelitian ini berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data penelitian berupa dokumentasi, wawancara dan observasi. hasil penelitian didapatkan bahwa guru melakukan perannya sebagai pendidik dan pengajar, Mediator dan Sumber Belajar atau Fasilitator, model dan teladan, motivator, serta sebagai pembimbing dan evaluator. Lalu setalah guru melakukan perannya didapatkan hasil karakter percaya diri peserta didik dalam menyampaikan pendapat didapatkan bahwa percaya pada kemampuan diri sendiri, bertindak mandiri dalam mengambil keputusan, memiliki konsep diri, dan berani mengungkapkan pendapat ditunjukkan hasil melalui pengukuran skala likert pada kelas X7 dari jumlah 33 orang, sangat baik berjumlah 3 orang, cukup berjumlah 4 orang, dan 26 orang sangat kurang serta pada XI MIPA 3 dari jumlah 31 orang, sangat baik 7 orang dan 24 orang peserta didik sangat kurang. Kata kunci : peran guru PPkn, percaya diri, menyampaikan pendapat, pembelajaran luring, peserta didik
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207002236 | T74170 | T741702022 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available