Skripsi
PENGEMBANG MEDIA AUDIO BERBASIS PODCAST SPOTIFY PADA KETERAMPILAN MENYIMAK DALAM PEMBELAJARAN MEMAHAMI PUISI RAKYAT SISWA KELAS VII SMP NEGERI 26 PALEMBANG
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kebutuhan guru dan siswa terhadap media audio berbasis Podcast Spotify pada keterampilan menyimak dalam pembelajaran memahami puisi rakyat siswa kelas VII SMP Negeri 26 Palembang, (2) menciptakan rancangan awal atau prototipe media audio berbasis Podcast Spotify pada keterampilan menyimak dalam pembelajaran memahami puisi rakyat siswa kelas VII SMP Negeri 26 Palembang, (3) menghasilkan media audio berbasis Podcast Spotify pada keterampilan menyimak dalam pembelajaran memahami puisi rakyat siswa kelas VII SMP Negeri 26 Palembang yang divalidasi oleh validator. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pengembangan dari teori Borg dan Gall serta Richey dan Klein (Sugiyono, 2019). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket/kuesioner, wawancara, dan validasi ahli. Angket/kuesioner dan wawancara ditujukan kepada guru dan siswa untuk mengetahui kebutuhan. Validasi dilakukan oleh tiga ahli yang menilai tiga aspek yaitu aspek kelayakan isi/materi, bahasa, dan media. Hasil analisis data tentang kebutuhan menunjukkan bahwa media audio berbasis Podcast Spotify pada keterampilan menyimak dalam pembelajaran memahami puisi rakyat siswa kelas VII SMP Negeri 26 Palembang. Dari hasil validasi, diketahui bahwa aspek kelayakan materi/isi mendapatkan nilai 87 dengan persentase 96,66%, aspek kelayakan bahasa mendapatkan nilai 44 dengan persentase 89,00%, dan aspek kelayakan media mendapatkan nilai 49 dengan persentase 90,90%. Berdasarkan hasil validasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa media audio berbasis Podcast Spotify pada keterampilan menyimak dalam pembelajaran memahami puisi rakyat siswa kelas VII SMP Negeri 26 Palembang dikategorikan sangat valid dan sangat layak digunakan.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207000535 | T66087 | T660872022 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available