The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of KEMAMPUAN BERPIKIR KUANTITATIF SISWA SMA MELALUI PENDEKATAN RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING (RMT) PADA TOPIK ALJABAR

Skripsi

KEMAMPUAN BERPIKIR KUANTITATIF SISWA SMA MELALUI PENDEKATAN RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING (RMT) PADA TOPIK ALJABAR

Ambarwati, Belinda - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Salah satu tujuan pembelajaran aljabar dalam standar kurikulum 2013 adalah literasi kuantitatif. Literasi kuantitatif pada PISA serupa dengan literasi matematika yang mana terdapat korelasi dengan kemampuan berpikir kuantitatif. Kemampuan berpikir kuantitatif penting untuk dimiliki karena dengan kemampuan berpikir kuantitatif siswa teliti dan tepat dalam pemecahan masalah untuk berpikir struktur. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kuantitatif siswa SMA melalui pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT) pada topik aljabar materi SPLTV. Subjek penelitian yaitu 6 siswa SMA Muhammadiyah 1 Palembang kelas X MIPA Olimpiade dengan kemampuan akademik rendah, sedang dan tinggi yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian ini dikumpulkan melalui tes tertulis, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis seacara reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Setelah dilaksanakannya penelitian, didapatkan bahwa kemampuan berpikir kuantitatif sebagian besar pada materi SPLTV muncul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator kemampuan berpikir kuantitatif yang kemunculannya dominan yaitu indikator mempertahankan, penganalisisan, pengintegrasian dan ketepatan. Namun untuk indikator ketepatan beberapa siswa menuliskan hanya untuk satu permasalahan. Sedangkan indikator yang kemunculannya kurang dominan, yaitu indikator mengukur ruang dan hubungan spasial dan penggeneralisasian dikarenakan siswa kurang penguasaan konsep dan salah menafsirkan maksud dari soal.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
2207000249T63113T631132022Central Library (Referens)Available
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T631132022
Publisher
Indralaya : Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas riwijaya., 2022
Collation
xiv, 82 hlm.: ilus.; 29 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
512.07
Content Type
Text
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Aljabar
Prodi Pendidikan Matematika
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
MURZ
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • KEMAMPUAN BERPIKIR KUANTITATIF SISWA SMA MELALUI PENDEKATAN RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING (RMT) PADA TOPIK ALJABAR
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search