Skripsi
KEMAMPUAN BERPIKIR KUANTITATIF SISWA SMA MELALUI PENDEKATAN RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING (RMT) PADA TOPIK ALJABAR
Salah satu tujuan pembelajaran aljabar dalam standar kurikulum 2013 adalah literasi kuantitatif. Literasi kuantitatif pada PISA serupa dengan literasi matematika yang mana terdapat korelasi dengan kemampuan berpikir kuantitatif. Kemampuan berpikir kuantitatif penting untuk dimiliki karena dengan kemampuan berpikir kuantitatif siswa teliti dan tepat dalam pemecahan masalah untuk berpikir struktur. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kuantitatif siswa SMA melalui pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT) pada topik aljabar materi SPLTV. Subjek penelitian yaitu 6 siswa SMA Muhammadiyah 1 Palembang kelas X MIPA Olimpiade dengan kemampuan akademik rendah, sedang dan tinggi yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian ini dikumpulkan melalui tes tertulis, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis seacara reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Setelah dilaksanakannya penelitian, didapatkan bahwa kemampuan berpikir kuantitatif sebagian besar pada materi SPLTV muncul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator kemampuan berpikir kuantitatif yang kemunculannya dominan yaitu indikator mempertahankan, penganalisisan, pengintegrasian dan ketepatan. Namun untuk indikator ketepatan beberapa siswa menuliskan hanya untuk satu permasalahan. Sedangkan indikator yang kemunculannya kurang dominan, yaitu indikator mengukur ruang dan hubungan spasial dan penggeneralisasian dikarenakan siswa kurang penguasaan konsep dan salah menafsirkan maksud dari soal.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207000249 | T63113 | T631132022 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available