Skripsi
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL PADA MATERI HUKUM KEPLER BERDASARKAN TEORI PERUBAHAN KONSEPTUAL UNTUK MEREMEDIASI MISKONSEPSI MAHASISWA CALON GURU FISIKA
Telah berhasil dikembangkan bahan ajar digital berdasarkan teori perubahan konseptual pada materi hukum kepler mata kuliah IPBA yang valid dan praktis. Bahan ajar ini dikembangkan menggunakan aplikasi Sway. Pengembangan bahan ajar digital berdasarkan teori perubahan konseptual materi hukum kepler mata kuliah IPBA ini menggunakan kombinasi model pengembangan Rowntree dan model evaluasi formatif Tessmer. Pada pengembangan Rowntree terdiri dari tiga tahap yaitu, tahap perencanaan, tahap pengembangan, dan tahap evaluasi. Pada tahap evaluasi terdiri dari empat tahap yaitu, self-evaluation, expert review, one-to-one evaluation, dan small group evaluation. Teknik pengumpulan data melalui walkthrough dan data angket. Hasil expert review memenuhi kategori sangat valid dengan hasil skor rata-rata dari aspek validasi isi sebesar 4,81, aspek kebahasaan 4,54, dan aspek desain 4,41. Pada tahap one-to-one evaluation memenuhi kategori sangat praktis dengan hasil skor rata-rata dari tanggapan mahasiswa terhadap penggunaan bahan ajar digital ini sebesar 4,29. Dari tahap expert review dan one-to-one evaluation bahan didapatkan hasil untuk merevisi bahan ajar digital menjadi prototipe 2 dan diujicobakan kembali. Hasil small group evaluation memenuhi kategori sangat praktis dengan hasil skor rata-rata 4,42. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa bahan ajar yang dikembangankan sangan valid dan sangat praktis. Kata kunci : Bahan ajar digital, Teori Perubahan Konseptual, Hukum Kepler, Sway
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207000022 | T61424 | T614242022 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available