Skripsi
PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KONTEKSTUAL LAHAN BASAH PADA MATERI FLUIDA STATIS UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS
Telah berhasil dikembangkan E-Modul berbasis kontekstual lahan basah pada materi fluida statis untuk peserta didik Sekolah Menengah Atas yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan Rowntree dan evaluasi Tessmer. Model Rowntree dipilih atas beberapa dasar: (1) mencakup peserta didik, materi, dan bahan ajar dalam mencapai tujuan yang ditetapkan; (2) prosedural dan sistematis, (3) memberi peluang mengembangkan format evaluasi untuk mengukur komponen; (4) melibatkan ahli. Pada expert review, data dikumpulkan menggunakan lembar validasi yang instrumennya mengacu pada instrumen kelayakan buku teks siswa Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan dianalisis menggunakan Aiken’s V. Pada one-to-one evaluation dan small group evaluation, data dikumpulkan menggunakan teknik angket untuk mengetahui tanggapan peserta didik terhadap praktikalitas E-Modul. Berdasarkan hasil expert review oleh 6 panel ahli, diperoleh Indeks Validitas (V), yaitu: komponen kelayakan isi sebesar 0,93; penyajian sebesar 0,94; kebahasaan sebesar 0,91; kegrafikaan sebesar 0,96 dengan kategori validitas tinggi, keempatnya termasuk kategori validitas tinggi. Pada one-to-one evaluation diperoleh nilai rata-rata praktikalitas sebesar 81,67% dengan kategori praktis. Sedangkan pada small group evaluation didapatkan nilai rata-rata 83,06% dengan kategori praktis. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa E-Modul berbasis kontekstual lahan basah pada materi fluida statis untuk peserta didik Sekolah Menengah Atas telah valid dan praktis. Kata kunci: E-Modul, kontekstual lahan basah, fluida statis
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207000015 | T61808 | T618082022 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available