Skripsi
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS MULTI REPRESENTASI PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI SMA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas modul elektronik berbasis multirepresentasi pada materi suhu dan kalor yang digunakan pada pembelajaran fisika di SMA Negeri 15 Palembang terhadap hasil belajar siswa dan melihat hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar. Metode yang digunakan penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 15 Palembang dan sampel penelitiannya adalah kelas XI MIPA 1 dan 2. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan ganda dan data hasil tes ini menggunakan analisis n-gain. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretest siswa adalah 47,61 nilai rata-rata posttest siswa adalah 80,97. Hasil analisis N-Gain sebesar 0,629 dengan kategori sedang. Hal ini menunjukkan pembelajaran fisika menggunakan modul elektronik berbasis multirepresentasi efektif terhadap hasil belajar fisika. Selanjutnya untuk mengukur gaya belajar siswa menggunakan instrumen dengan bentuk multiple choice dan hasil angket tersebut menggunakan analisis korelasi dan didapatkan hasil siswa memiliki gaya belajar visual sebanyak 43 siswa, audiotorial 16 siswa dan kinestetik sebanyak 8 siswa dengan koefisien korelasi 0,412 dengan kategori cukup. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dan hasil belajar fisika menggunakan modul elektronik berbasis multirepresentasi.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207001138 | T70460 | T704602022 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available