Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 10 PALEMBANG
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 10 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian jenis eksperimen yang menggunakan desain Pree Experimental-Design dengan bentuk One Grup Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPS di SMA Negeri 10 Palembang. Sampel penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling, dan kelas X IPS 5 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 42 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Proses pembelajaran dilakukan secara langung atau tatap muka dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match . Teknik analisis data yaitu analisis data observasi dan data tes hasil belajar. Hipotesis menggunakan statistic parametris yaitu uji-t test sampel related dan diperoleh thitung 27,424>1,684 ttabel maka hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 10 Palembang. Disarankan peserta didik agar terlibat aktif dalam menyampaikan pendapat dalam proses pembelajaran dan guru dapat mengatur manajemen waktu dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran dapat dilakukan lebih efisien. Kata-Kata Kunci: Make a Match, Hasil Belajar
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207000357 | T64262 | T642622022 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available