Skripsi
KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS XI MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di SMKN 2 Palembang dalam memecahkan masalah matematika melalui pembelajaran berbasis HOTS pada materi trigonometri. Jenis pada penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kelas XI TKJ 4 di SMKN 2 Palembang. Prosedur pelaksanaan pada penelitian ini terdiri atas tiga tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap analisis data. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes, dan wawancara. Tes terdiri atas tiga butir soal HOTS uraian materi aturan sinus dan cosinus untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan tiga indikator yaitu kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), dan kebaruan (originality). Lalu setelah didapatkan hasil analisis sementara, akan dipilih tiga siswa yang diwawancarai yaitu berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS setelah diterapkan pembelajaran berbasis HOTS pada materi aturan sinus dan cosinus dikatakan sedang dengan rata-rata 2,22 atau persentase 55,56%. Pada indikator kelancaran termasuk dalam kategori tinggi dengan rata-rata 2,74 atau persentase 68,52%. Sedangkan pada indikator kebaruan termasuk dalam kategori rendah dengan rata-rata 1,59 atau persentase 39,81%. Selanjutnya pada indikator keluwesan termasuk dalam kategori sedang dengan rata-rata 2,33 atau persentase 58,33%.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207000271 | T63722 | T637222022 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available