Skripsi
ANALISA MUTU PELAYANAN FASILITAS KAMAR OTOPSI OI DEPARTEMEN FORENSIK RSMB TAHUN 2011
Perkembangan ilmu kesehatan merupakan suatu hal yang sangat berguna terutama jika didukung pelayanan yang berkualitas. Kepercayaan pelanggan dapat ditingkatkan dengan perbaikan kualitas layanan (Service quality) di rumah sakit. Indikator untuk mengukur kualitas pelayanan adalah dengan memenuhi harapan-harapan pelanggan dan memuaskan kebutuhan mereka. Melihat pentingnya kualitas pelayanan bagi rumah sakit untuk mendapatkan kepercayaan dan loyalitas dari konsumen, maka rumah sakit, khususnya Departemen Forensik, RSMH Palembang harus berusaha untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kualitas/mutu pelayanan fasilitas kamar otopsi yang selama ini diberikan oleh Departemen Forensik RSMH berdasarkan pada lima dimensi kualitas yaitu tangibility, reliability, responsiveness, assurance dan empathy. Metode : Penelitian ini adalah sebuah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data primer diperoleh dari wawancara mendalam dan teknik observasi. Hasil : Hasil penelitian diperoleh bahwa mutu pelayanan fasilitas kamar otopsi di Departemen Forensik RSUP Dr. Mohammad Hussein Palembang dikategorikan rendah yaitu sebesar 36% sahaja. Terdapat beberapa atribut pelayanan yang masih belum optimal seperti sarana dan prasarana, perlengkapan dan peralatan yang dipergunakan, kemampuan untuk memberikan pelayanan sesuai dengan jadwal, kemampuan untuk menyampaikan informasi yang jelas dan tepat kepada konsumen serta kemampuan untuk memahami kebutuhan konsumen spesifik. Kesimpulan : Mutu pelayanan fasilitas kamar otopsi di Departemen Forensik RSMH belum sepenuhnya sesuai dengan standar. Kata Kunci: mutu pelayanan, fasilitas kamar otopsi, standar
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1207000124 | T74797 | T747972011 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available